Seri Programming Android (II): Memulai Proyek

Setelah sebelumnya kita membahas tentang persiapan sebelum membuat aplikasi Android sederhana, kali ini akan kita akan memulai proyek membuat aplikasi Android sederhana.
Jalankan Eclipse.exe
Akan muncul sebuah kotak dialog seperti dibawah ini

Pada bagian workspace, isikan tempat dimana nantinya akan menjadi folder kerja kita dalam membuat aplikasi Android. Droiders dapat memilih “Use this as the default and do not ask again” apabila droiders ingin menggunakan folder workspace tersebut untuk seterusnya. Jika sudah pilih OK.
Loading Screen Eclipse  terlihat seperti gambar dibawah ini

Tampilan Awal Eclipse akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Pada Menu Bar, pilih Android Virtual DeviceManager

Akan muncul tampilan kotak dialog seperti dibawah ini.

Pilih “New” dan akan muncul tampilan kotak dialog berikut:

Pada bagian “AVD Name” isikan nama yang akan digunakan untuk menamai EmulatorAndroid.  Hal ini bisa dengan  menggunakan kata “Latihan1” untuk menamai Android emulatornya.
Pada bagian “Device” berisi tentang perangkat Android berdasarkan resolusi. Bisa  menggunakan Galaxy Nexus dengan 720 x 1280 atau xhdpi sebagai contoh.
Pada bagian “Target” berisi tentang versi Android yang akan dipakai.  Bisa menggunakan Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich.
Bagian-bagian lain bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu pilih OK.
Secara otomatis akan kembali ke kotak dialog sebelumnya
  Ai
Akan muncul “Latihan1” pada daftar AVD. Pilih “Latihan1” lalu pilih “Start”. Lalu akan muncul kotak dialog berikut. Pilih Launch saja.
AI
Akan muncul loading screen Android seperti berikut:
AI
Tampilan setelah selesai loading:
AI
Tahap awal persiapan membuat Android telah selesai. Pada bagian selanjutnya kita akan membahas tentang komponen Android berupa “Edit Text and Button”. StayTuned ...

M. Iskandar Adi P 24010314130105 SOURCE : http://www.android-indonesia.com/tips/item/696-android-programming-inisialisasi credit and thanks to : Burhanuddin Rabbani @Burhanuddin_R

0 komentar: